Cara Menghapus Virus .exe dan .pif

Posting ini merupakan pengalaman pribadi saya. Tidak terasa sudah 2 tahun laptop ini menemani keseharian saya baik dalam suka maupun duka. Laptop ini juga tak luput dari serangan virus, mulai dari virus ecek-ecek sampe virus yang buat saya pusing 7 keliling dan harus install ulang OS nya. Dulu virus yang kerap terjangkit di laptop saya biasanya W32 Heuristic, Trojan, Worm sampai virus Almanahe yang paling legendaris di laptop saya hahaha. Oke, dari kesemua virus tersebut masih bisa diatasi oleh antivirus ataupun dengan cara install ulang :D
Tapi virus yang satu ini beda banget :( dengan berextensi .exe dan .pif virus ini kebal terhadap antivirus, jika dihapus secara manual, dia akan muncul kembali beberapa saat. opsi saya saat itu adalah melakukan install ulang, mana tau setelah install ulang maka virus itu akan hilang. Setelah saya install ulang, keadaan komputer masih baik-baik saja. 2 jam kemudian virus tersebut muncul kembali, kali ini muncul dalam 2 extensi yaitu .exe dan .pif
“Ini baru virus” gumam saya dalam hati. langkah – langkah preventif pun dilakukan :D
Pertama : maen2 ke kaskus, mungkin da info mengenai cara mengatai virus ini, oke..di situ disarankan agar memakai program ClamWin
Saya mulai donlod itu Clamwin lalu saya coba jalankan di laptop saya, hasilnya? NIHIL
Putus asa hampir mendera
Kedua : Googling, bertanya pada “nabinya” dunia maya. Setelah melakukan googling yang menghabiskan waktu kira2 2jam :| akhirnya saya dapat satu solusi yang patut untuk dicoba.
Apa solusinya? Ini yang akan coba saya share dengan sobat, mungkin ada sobat yang mengalami nasib serupa dengan saya :D
Penjelasan singkat mengenai virus ini : Virus ini dijalankan oleh file yang bernama autorun.inf dimana didalam file tersebut terdapat script yang memerintahkan agar menciptakan file berextensi .exe dan .pif dan meletakkannya di masing-masing drive PC. Jadi bukan hanya drive C saja yang dijangkiti namun juga drive D atau E juka ada. Autorun.inf akan menghiddenkan diri dari sistem sehingga kita berpikir bahwa virus yang bernama wfgr.exe (nama virus ini random) atau wew.pif ini merupakan master virusnya. Padahal master virus tersebut adalah ya autorun.inf tadi, jadi meskipun kita hapus berkali-kali file .exe dan .pif nya maka virus tersebut akan tetap muncul.
Solusi : Setelah mengetahui bahwa biang keroknya adalah si autorun.inf itu, maka kita akan coba ngakalin balik si autorun.inf. File ini tidak dapat dihapus secara langsung jadi kita akan mengaklainya dengan membuat 2 buah file yang kita susupi dengan sedikit skrip
Alat dan Bahan yang dibutuhkan : Pastikan sobat mempunyai notepad, jika tidak maka saya sarankan utnuk memeprgunakan garansi laptop sobat untuk minta ganti laptopnya haha :D

Buat 2 buah file masing masing berextensi .bat dan .inf
Buka notepad sobat lalu paste skrip ini :
attrib -r -a -s -h autorun.inf
erase autorun.inf
copy remove.inf autorun.inf
attrib +r +a +s +h autorun.inf

Save as sebagai all file lalu beri nama hapus.bat
Kedua : buka notepad lainnya :
Isi notepad ini terserah kamu, klo saya, saya isi dengan tulisan “remove”
Save as sebagai all file lalu beri nama remove.inf
Oke, sekarang kita sudah punya 2 file masing-masing hapus.bat dan remove.inf
Matikan sistem restore laptop kamu. Show hidden file di drive yang terjangkiti, maka disitu akan kelihatan file autorun.inf yang merupakan master dari virus ini.
Sekarang copy kedua file (hapus.bat dan remove.inf) tersebut ke drive yang dijangkiti virus tersebut, misalnya di C:/ copy kedua file tersebut lalu klik 2x pada file hapus.bat (saya melakukannya berulang-ulang sampai 3x). Lalu coba hapus file .exe nya.
Tapi kok file autorunnya masih ada?
Tenang, jika kamu berhasil maka file autorun.inf tadi isinya akan berubah dengan tulisan yang kita tuliskan di file remove.inf tai, sehingga file master autorun.inf ini tidak akan melakukan perintah memanggil virus .exe dan .pif tadi karena ini skripnya sudah kita ubah.
Untuk keamanan ada baiknya 2 file tadi dibiarkan saja di drive kamu, jika terasa menggangu di hidden saja.
Sekain. Semoga bermanfaat. Wassalam
Technorati :
Del.icio.us :

Penulis : Irgi Kusuma ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Menghapus Virus .exe dan .pif ini dipublish oleh Irgi Kusuma pada hari Sabtu, 18 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Menghapus Virus .exe dan .pif
 

0 komentar:

Posting Komentar